Jumat, 27 Februari 2009

Pelatihan Bagi Pengusaha Rumah Makan di Pantai Depok

Untuk membangkitkan motivasi dan semangat masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah yang terkait dengan pariwisata di lokasi yang terkena dampak bencana agar tetap aoptimis mengembangkan kreatifitas serta inovasi dalam mengelola serta mengembangkan usahanya, sebanyak 20 orang pengusaha warung makan di pantai Depok, Parangtritis mendapatkan pelatihan melalui program pemberdayaan masyarakat dalam rangka pegentasan kemiskinan pasca gempa dan tsunami pantai selatan Jawa oleh DiTjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata berlangsung dari tanggal 3-4 Desember 2007 di aula TPI pantai Depok, Parangtritis.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Sambudjo Parikesit dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa kerusakan fasilitas dan lingkungan obyek wisata telah berdampak serius pada aktifitas kepariwisataan di daerah-daerah yang terkena dampak bencana. Aktbatnya kunjungan wisatawan menurun dan berpengaruh pada kehidupan dan perkembangan usaha ekonomi masyarakat, khususnya usaha-usaha produktif baik di bidang jasa boga, cideramata dan sebagainya.

'' Kami berharap peserta pelatihan mampu mengembangkan diri dan usahanya menjadi lebih baik serta memiliki semangat untuk bangkit dari keterpurukan sebagai dampak gempa dan tsunami '' kata Ir. Sambudjo Parikesit saat membuka pelatihan yang antara lain dihadiri Direktur Pemberdayaan Masyarakat Drs. Ukus Kuswara,MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudyaan Pemprov DIY Tazbir, SH M.Hum, Asisten Pembangunan Pemkab Bantul Drs. Suryanto mewakili Bupati Bantul, Epala Dians Pariwisata Kabupatenbantul Drs. Suyoto HS, MMA serta undangan lain hari Senin ( 3/12 ).

Pelatihan serupa juga akan dilaksanakan bagi nelayan pantai Teluk Penyu, Cilacap untuk usaha pegolahan ikan asin dari tanggal 6-7 Desember 2007 serta nelayan pantai Pangandaran, Ciamis untuk pelatihan usaha konveksi tanggal 11-12 Desember 2007. Sedangkan khusus bagi pengusaha warung makan di pantai Depok, Parangtritis materi pelatihan difokuskan pada pelatihan diversifikasi menu serta bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar